Rabu, 15 Oktober 2008

paket-paket linux

Distro

18 Oktober 2004 - 10:52 WIBB

Pake Linux! Linux yang mana?

David Sudjiman, Aktivis KPLI Jakarta

Halaman sebelumnyaberencana menggunakan RedHat.

SuSE (www.suse.com)

SuSE menawarkan tampilan grafis yang bagus sekali namun tetap mampu memberikan stabilitas yang tinggi. KDE sebagai salah satu andalan tampilan grafis di SuSE memberikan banyak kemudahan dari paket program untuk bermain game sampai program produktivitas perkantoran. Dilihat dari banyaknya versi SuSE yang tersedia baik itu untuk komputer biasa seperti dirumah atau dikantor (x86), PPC, dan IBM S390, SuSE memberikan banyak alternatif untuk peminat Linux yang serius bermigrasi ke Linux. Versi terakhir dari distribusi ini adalah SuSE 8.2.

Mandrake (www.mandrakelinux.com)

Mandrake merupakan distro favorit di Indonesia. Distro yang paling cantik dan paling sederhana serta ramah bagi para pemula. Tersedia juga dalam bahasa Indonesia. Versi terakhir adalah Mandrake 9.1 yang sebentar lagi akan berganti menjadi 9.2. Mandrake dipilih karena kemudahan penggunaannya sehingga sangat cocok bagi para pemula.

Knoppix (www.knoppix.org)

Knoppix merupakan distribusi yang tergolong unik. Jika distribusi yang lain (bahkan Microsoft Windows) memerlukan instalasi untuk penggunaanya, Knoppix tidak memerlukan instalasi. Nyalakan komputer anda dengan CD Knoppix terpasang dan dalam hitungan menit anda sudah dapat menikmati sebuah komputer Linux tanpa perlu khawatir akan data Harddisk yang hilang. Knoppix cocok sekali bagi anda yang benar-benar hanya ingin tahu bagaimana Linux itu dan tidak ingin konfigurasi komputernya berubah sama sekali.

LinuxSehat (linux.ictwatch.com)

LinuxSehat merupakan turunan dari Knoppix yang dibuat kembali oleh Tim Pandu (www.pandu.org) dan ICTWatch (www.ictwatch.com). LinuxSehat merupakan Knoppix berwajah Indonesia dengan dokumentasi yang cukup baik untuk para pengguna awam.

Mana Distro yang terbaik?

Tidak ada yang terbaik, yang ada adalah yang paling cocok untuk anda. Silahkan mencoba, bila perlu semuanya agar dapat memperkaya wawasan pembelajaran anda. Jika sudah jatuh cinta, distro yang paling sulitpun akan menjadi semakin menantang.

Catatan: Di Indonesia terdapat cukup banyak distribusi hasil karya anak bangsa. Seperti Trustix Merdeka, Rimba Linux, WinBi, dan Bijax. Hal ini membuktikan GNU/Linux justru membantu mencerdaskan kehidupan bangsa kita. Hidup GNU/Linux!

Catatan: Artikel ini dapat Anda baca juga di Koran Tempo tanggal 05 September 2003.

Tidak ada komentar: